PROSES BERAS MENJADI NASI

14 10 2010

Bagaimana proses BERAS menjadi NASI, hemm… menarik untuk diperbincangkan. Dari mana asalnya beras ? Dari mana asalnya nasi ? .

Menurut Wikipedia ,

Beras adalah bagian butir padi (gabah) yang telah dipisah dari sekam. Sekam (Jawa merang) secara anatomi disebut ‘palea‘ (bagian yang ditutupi) dan ‘lemma‘ (bagian yang menutupi).

Pada salah satu tahap pemrosesan hasil panen padi, gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga bagian luarnya (kulit gabah) terlepas dari isinya. Bagian isi inilah, yang berwarna putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam, yang disebut beras.

Beras dari padi ketan disebut ketan.

Nasi

Nasi adalah beras (atau kadang-kadang serealia lain) yang telah direbus (dan ditanak). Proses perebusan beras dikenal juga sebagai ‘tim’. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya. Pembuatan nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.

Warna nasi yang telah masak (tanak) berbeda-beda tergantung dari jenis beras yang digunakan. Pada umumnya, warna nasi adalah putih bila beras yang digunakan berwarna putih. Beras merah atau beras hitam akan menghasilkan warna nasi yang serupa dengan warna berasnya. Kandungan amilosa yang rendah pada pati beras akan menghasilkan nasi yang cenderung lebih transparan dan lengket. Ketan, yang patinya hanya mengandung sedikit amilosa dan hampir semuanya berupa amilopektin, memiliki sifat semacam itu. Beras Jepang (japonica) untuk sushi mengandung kadar amilosa sekitar 12-15% sehingga nasinya lebih lengket daripada nasi yang dikonsumsi di Asia Tropika, yang kadar amilosanya sekitar 20%. Pada umumnya, beras dengan kadar amilosa lebih dari 24% akan menghasilkan nasi yang ‘pera’ (tidak lekat, keras, dan mudah terpisah-pisah).

Nasi dimakan oleh sebagian besar penduduk Asia sebagai sumber karbohidrat utama dalam menu sehari-hari. Nasi sebagai makanan pokok biasanya dihidangkan bersama lauk sebagai pelengkap rasa dan juga melengkapi kebutuhan gizi seseorang. Nasi dapat diolah lagi bersama bahan makanan lain menjadi masakan baru, seperti pada nasi goreng, nasi kuning atau nasi kebuli. Nasi bisa dikatakan makanan pokok bagi masyarakat di Asia, khususnya Asia Tenggara.

 

Anatomi beras

Beras sendiri secara biologi adalah bagian biji padi yang terdiri dari

  • aleuron, lapis terluar yang sering kali ikut terbuang dalam proses pemisahan kulit,
  • endosperma, tempat sebagian besar pati dan protein beras berada, dan
  • embrio, yang merupakan calon tanaman baru (dalam beras tidak dapat tumbuh lagi, kecuali dengan bantuan teknik kultur jaringan). Dalam bahasa sehari-hari, embrio disebut sebagai mata beras.

Kandungan beras

Sebagaimana bulir serealia lain, bagian terbesar beras didominasi oleh pati (sekitar 80-85%). Beras juga mengandung protein, vitamin (terutama pada bagian aleuron), mineral, dan air.

Pati beras tersusun dari dua polimer karbohidrat:

  • amilosa, pati dengan struktur tidak bercabang
  • amilopektin, pati dengan struktur bercabang dan cenderung bersifat lengket

Perbandingan komposisi kedua golongan pati ini sangat menentukan warna (transparan atau tidak) dan tekstur nasi (lengket, lunak, keras, atau pera). Ketan hampir sepenuhnya didominasi oleh amilopektin sehingga sangat lekat, sementara beras pera memiliki kandungan amilosa melebihi 20% yang membuat butiran nasinya terpencar-pencar (tidak berlekatan) dan keras.

Macam dan warna beras

 

Berbagai macam beras dan ketan di Indonesia.

Warna beras yang berbeda-beda diatur secara genetik, akibat perbedaan gen yang mengatur warna aleuron, warna endospermia, dan komposisi pati pada endospermia.

Beras “biasa” yang berwarna putih agak transparan karena hanya memiliki sedikit aleuron, dan kandungan amilosa umumnya sekitar 20%. Beras ini mendominasi pasar beras.
Beras merah, akibat aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu.
Beras hitam, sangat langka, disebabkan aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam.
Ketan (atau beras ketan), berwarna putih, tidak transparan, seluruh atau hampir seluruh patinya merupakan amilopektin.
Ketan hitam, merupakan versi ketan dari beras hitam.

Beberapa jenis beras mengeluarkan aroma wangi bila ditanak (misalnya ‘Cianjur Pandanwangi’ atau ‘Rajalele’). Bau ini disebabkan beras melepaskan senyawa aromatik yang memberikan efek wangi. Sifat ini diatur secara genetik dan menjadi objek rekayasa genetika beras.

Aspek pangan

Beras dimanfaatkan terutama untuk diolah menjadi nasi, makanan pokok terpenting warga dunia. Beras juga digunakan sebagai bahan pembuat berbagai macam penganan dan kue-kue, utamanya dari ketan, termasuk pula untuk dijadikan tapai. Selain itu, beras merupakan komponen penting bagi jamu beras kencur dan param. Minuman yang populer dari olahan beras adalah arak dan air tajin.

Dalam bidang industri pangan, beras diolah menjadi tepung beras. Sosohan beras (lapisan aleuron), yang memiliki kandungan gizi tinggi, diolah menjadi tepung bekatul (rice bran). Bagian embrio juga diolah menjadi suplemen makanan dengan sebutan tepung mata beras.

Untuk kepentingan diet, beras dijadikan sebagai salah satu sumber pangan bebas gluten dalam bentuk berondong.

Di antara berbagai jenis beras yang ada di Indonesia, beras yang berwarna merah atau beras merah diyakini memiliki khasiat sebagai obat. Beras merah yang telah dikenal sejak tahun 2.800 SM ini, oleh para tabib saat itu dipercaya memiliki nilai nilai medis yang dapat memulihkan kembali rasa tenang dan damai. Meski, dibandingkan dengan beras putih, kandungan karbohidrat beras merah lebih rendah (78,9 gr : 75,7 gr), tetapi hasil analisis Nio (1992) menunjukkan nilai energi yang dihasilkan beras merah justru di atas beras putih (349 kal : 353 kal). Selain lebih kaya protein (6,8 gr : 8,2 gr), hal tersebut mungkin disebabkan kandungan tiaminnya yang lebih tinggi (0,12 mg : 0,31 mg).

Kekurangan tiamin bisa mengganggu sistem saraf dan jantung, dalam keadaan berat dinamakan beri-beri, dengan gejala awal nafsu makan berkurang, gangguan pencernaan, sembelit, mudah lelah, kesemutan, jantung berdebar, dan refleks berkurang.

Unsur gizi lain yang terdapat pada beras merah adalah fosfor (243 mg per 100 gr bahan) dan selenium. Selenium merupakan elemen kelumit (trace element) yang merupakan bagian esensial dari enzim glutation peroksidase. Enzim ini berperan sebagai katalisator dalam pemecahan peroksida menjadi ikatan yang tidak bersifat toksik. Peroksida dapat berubah menjadi radikal bebas yang mampu mengoksidasi asam lemak tidak jenuh dalam membran sel hingga merusak membran tersebut, menyebabkan kanker, dan penyakit degeneratif lainnya. Karena kemampuannya itulah banyak pakar mengatakan bahan ini mempunyai potensi untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lain.

Aspek budaya dan bahasa

Beras merupakan bagian integral, dapat dikatakan menjadi penciri dari budaya Austronesia, khususnya Austronesia bagian barat. Istilah Austronesia lebih merupakan istilah yang mengacu pada aspek kebahasaan (linguistik).

Pembedaan padi, gabah, merang, jerami, beras, nasi, atau ketan, merupakan salah satu ciri melekatnya “budaya padi” pada masyarakat pengguna keluarga bahasa Austronesia, dan dengan demikian juga bagian dari budaya Austronesia.

Sejumlah relief pada candi-candi di Jawa juga memperlihatkan aspek “budaya padi” pada masyarakat setempat pada masa itu.

 

Beras adalah makanan pokok rakyat indonesia. Dari beras kemudian akan diolah menjadi nasi yang merupakan makanan utama hampir sebagian besar penduduk. Selain karbohidrat, beras juga mengandung protein, vitamin dan mineral. Vitamin yang dikandung oleh beras yaitu vitamin b-1 ( tiamin ) banyak terdapat pada bagian kulit arinya. Sayangnya, kandungan gizi beras baik berupa vitamin maupun mineral seringkali hilang akibat proses penggilingan tepung beras.karena itu diperkirakan bahwa beras yang kita makan sehari-hari sebenarnya telah mengami degradasi / penurunan kandungan gizi. Hal ini diperparah saat beras dicuci terlalu lama ketika akan dimasak. Serat yang terdapat pada tepung mata beras cocok untuk diet , guna memelihara agar berat tubuh senantiasa ideal. Manfaat tepung beras ini seratnya ini mampu menyerap air dan dapat lebih lama tinggal di dalam lambung, sehingga memperlambat timbulnya rasa lapar. Hal ini sangat cocok bagi mereka yang ingin memiliki berat badan ideal melalui pengaturan pola konsumsi makanan. Serat ini juga mampu mengikat sisa-sisa hasil metabolisme dalam saluran pencernaan, sehingga zat-zat berbahaya ini tidak ditimbun dalam usus melainkan keluar bersama dengan kotoran. Dengan demikian serat tepung mata beras membantu mencegah terjadinya proses keganasan dalam usus Berdasarkan analisa penelitian didapat bahwa tepung mata beras sehat tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral tetapi juga tinggi kandungan manfaat tepung beras terutama seratnya yang bermanfaat dalam proses pencernaan makanan dalam usus.

Dari fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa tepung mata beras sehat memiliki keistimewaan tepung beras karena mengandung nilai gizi yang tinggi, sehingga produk ini merupakan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga stamina dan memelihara kesehatan tubuh bagi anda dan keluarga anda.

tepung beras dihasilkan dari mata padi pilihan dan dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet. Hal ini menjadikannya sebagai 100% makanan alami dan mudah dalam penyajiannya. Tepung beras dapat diolah dengan berbagai macam variasi resep agar tidak membosankan dan sajian akan selalu akan terasa lebih nikmat.

 

Manfaat Beras Merah

Meski orang banyak orang lebih memilih satu di atas yang lain, mereka sering tidak yakin tentang perbedaan kesehatan yang berhubungan dengan antara beras merah dan putih. Artikel ini akan menyoroti beberapa faktor penting yang membedakan kedua jenis nasi dari satu sama lain dalam hal kesehatan dan nilai gizi.

Beras Merah

Dari segi kesehatan, ada sedikit perdebatan bahwa manfaat beras merah adalah lebih baik bagimu daripada putih. Beras yang cokelat mengandung vitamin dan mineral secara signifikan lebih per porsi dari putih. Salah satu alasan utama untuk ini adalah karena proses untuk memproduksi beras putih sebenarnya menyebabkan banyak dari nutrisi penting yang akan hilang. Untuk mengkompensasi kerugian ini, banyak produsen benar-benar menguatkan beras dengan nutrisi.

Manfaat beras merah

Beberapa zat gizi umumnya ditemukan di nasi cokelat termasuk vitamin E, thiamin, magnesium, vitamin B6, dan serat. Selain ini, ada sekitar selusin lebih banyak vitamin dan mineral yang ditemukan dalam beras merah. Selain itu, beras merah mengandung sekitar empat kali jumlah serat makanan daripada rekan putih.

Sehubungan dengan kalori, nasi baik coklat dan putih telah hampir jumlah yang sama. Namun, jumlah kalori baik putih dan beras merah bisa bervariasi sedikit. Jenis gandum ras yang bersifat jangka pendek, panjang, atau lengket dapat berdampak jumlah kalori. Satu cangkir beras putih dimasak memiliki sekitar 223 kalori dibandingkan dengan satu cangkir beras merah yang memiliki sekitar 232 kalori. Seperti yang dapat Anda lihat, tidak ada banyak perbedaan ketika datang ke kalori.

Serupa dengan kalori, kedua jenis beras juga memiliki jumlah yang hampir sama protein dan karbohidrat per porsi. Sungguh, perbedaan utama antara kedua adalah jumlah serat, vitamin, dan mineral bahwa cokelat memiliki bila dibandingkan dengan nasi putih.

Siapa saja yang menderita diabetes pasti harus menghindari nasi putih karena dapat menyebabkan lonjakan dalam tingkat gula darah. Selain itu, siapapun yang ingin menurunkan berat badan harus memilih coklat karena penambahan jumlah serat dan nutrisi lainnya. Sementara nasi putih tidak masih memiliki nilai gizi, beras merah adalah pilihan yang lebih baik bagi setiap orang yang sadar kesehatan.

Manfaat Beras Hitam

Menurut para ilmuwan, lebih dari 10.000 radikal bebas menyerang sel – sel badan kita setiap hari. Radikal bebas adalah atom atau molekul yang sangat aktif dan tidak stabil, karena mempunyai satu elektron tidak berpasangan dalam strukturnya. Untuk menjadi stabil, atom atau molekul ini perlu mendapatkan satu elektron. Caranya ialah dengan mencuri satu elektron dari molekul lain, dan molekul lain tadi akan berubah menjadi radikal bebas karena kehilangan satu elektronnya, demikian seterusnya sehingga akan menjadi proses yang berantai. Rantai reaksi ini akan merusak fungsi sel -
sel. Dan menyebabkan sel mati.

Sumber radikal bebas antara lain :
Makanan tidak sehat – Makanan berlemak, digoreng dan hangus (seperti kepingan hitam pada sate atau ikan bakar).
Minuman beralkohol. Rokok – Sebatang rokok dapat membebaskan 3 triliun radikal bebas ke dalam sistem peredaran darah.
Bahan kimia toksik (seperti racun serangga). Sinar UV.

Radikal bebas dapat mempercepat proses penuaan dan meningkatkan resiko penyakit seperti jantung, stroke, kencing manis, arthritis dan kanker. Untuk mencegah kerusakan tubuh akibat serangan radikal bebas diperlukan senyawa yang disebut antioksidan. Anti oksidan adalah senyawa yang mampu mendonorkan elektronnya untuk menetralkan sifat merusak dari radikal bebas.(Harian Metro Online Jumat, 08 Jun 2007)

Antosianin pada beras hitam terdiri dari cyanidin-3-glucoside (Cy-3-glu) dan cyanidin. Jenis antosianin ini ditemukan memiliki kemampuan antioksidan yang kuat yang dapat melawan ROS (reactive oxygen species; sejenis radikal bebas)
dan mengurangi kerusakan sel yang terpapar oleh sinar UV.( JOURNAL OF HEALTH SCIENCE Vol. 52 (2006) , No. 5 495-511)
Hasil penelitian Jung Yun Kim, Min Hee Do, Sang Sun Lee menunjukkan bahwa beras hitam memiliki efek cardioprotektif. (Annals of Nutrition and Metabolism 2006;50:347-353). Antosianin juga dikatakan mempunyai sifat antikarsinogenik, memberi perlindungan kepada sistem kardiovaskular, menjaga kadar gula dalam darah, khususnya bagi penderita kencing manis, mencegah penyakit saluran kencing dan menghambat serangan bakteria Helicobacter pylori yang menyebabkan
masalah lambung, kanker perut dan radang usus.
Selain aspek kesehatan, antosianin digunakan secara luas untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini dengan membentuk kolagen baru karena pada saat yang sama ia juga mampu meningkatkan efek vitamin C dan E
untuk mengembalikan keremajaan kulit.(Harian Metro Online Jumat, 08 Jun 2007)

Beras Hitam kini sedang dipoulerkan di daerah kawasan wisata Malaysia, di distrik Langkawi, serta Korea, Thailand dan Cina yang menyediakan menu masakan dari bahan beras hitam. Orang Cina kuno telah mengenal beras hitam sebagai beras terlarang, tak boleh sembarang orang dapat memakannya, hanya kalangan istana dan orang tertentu saja yang boleh memakannya karena kaya nutrisi. Menurut penelitian disana beras itu mempunyai kasiat mernyembukan berbagai penyakit. Beras hitam di Cina sekarang berfungsi sebagai obat dan bahan pangan, kadar vitamin, mikroelemen dan asam amino dari beras hitam semuanya lebih tinggi daripada beras biasa. Riset menunjukkan, warna beras kian gelap, pigmen anti penuaan di lapisan luar beras kian menonjol.

Sudah tentu, peran pigmen beras hitam adalah paling baik di antara berbagai jenis beras berwarna. Selain itu, pigmen tersebut kaya mengandung materi aktif flavonoid dan kadarnya lima kali lipat dari pada beras putih dan berperan sangat besar bagi pencegahan pengerasan pembuluh nadi. Selain itu, beras hitam mengandung relatif banyak serat makanan (dietary fiber), laju pencernaan pati lamban, indeks gula darah 55 sedangkan beras putih adalah 87.

Zat kalium dan magnesium dalam beras hitam bermanfaat bagi pengontrolan tekanan darah, dan mengurangi risiko terserang penyakit pembuluh darah otak dan jantung. Maka, penderita penyakit kencing manis dan pembuluh darah jantung dapat mengkonsumsi beras hitam sebagai makanan penyehat badan. Beras hitam di Indonesia banyak terdapat diperbagai daerah, sebenarnya mirip seperti padi “wulu” tetapi berwarna hitam. Batangnya setinggi satu meter lebih berumur sekitar enam bulan kebanyakan tumbuh di daerah ketinggian lebih dari 500 meter diatas permukaan laut. Padi ini hanya sedikit ditanam di daerah asalnya digunakan hanya untuk keperluan upacara adat. Mungkin karena mereka belum mengerti manfaat sebenarnya, sangat kaya vitamin dan nutrisi dapat dijadikan sebagai obat. Di Kendari beras hitam dinamakan sebagai Pae Biyu Nggolopua. Di Tanatoraja dinamakan sebagai Pare Durian-ujung, sedang di daerah Gowa dinamakan sebagai Pare Puluk lontong. Selain itu juga terdapat di daerah Pantar dan Alor juga memiliki padi hitam, padi di daerah itu agak berbeda karena ditanam hanya memerlukan sedikit air untuk tumbuhnya.

Padi ini biasanya dipakai di pesta-pesta atau acara-acara khusus. Di pasar-pasar lokal, harga padi ini lebih mahal dari jenis padi yang lain. Selain itu juga di tanam di Kalimantan beras hitam juga ditanam oleh suku Dayak Iban dan suku dayak pedalaman lainnya, yang disebut sabagai jenis padi “Pulut Hitam”. Di negara tetangga seperti Malaysia mereka telah selangkah lebih maju dalam penelitian dan budidaya beras hitam. Manfaatnya tidak hanya sebagai bahan makanan eksklusif, tetapi juga sebagai obat bagi penyakit tertentu mereka membuat makanan makanan dari bahan beras hitam di semua sentra sentra distrik wisatanya.

Manfaat & kandungan Beras Ketan

Blank-Hang™ lirik, chord dan music mania..by Wiyat Gelosia..Wujudkan mimpimu dengan musik ! Musik adalah sumber inspirasi ! Jangan mengaku lu orang seni kalo belum bisa suka N’ menikmati musik !!! Maju terus musik Indonesia….! BLANK-HANG™ The Site of music lovers !

Manfaat & kandungan Beras Ketan

Beras Hitam merupakan varietas lokal yang mengandung pigmen paling baik, berbeda dengan beras putih atau beras warna lain. Beras hitam memiliki rasa dan aroma yang baik dengan penampilan yang spesifik dan unik. Bila dimasak, nasi beras hitam warnanya menjadi pekat dengan rasa dan aroma yang menggugah selera makan.

Warna beras diatur secara genetik, dan dapat berbeda akibat perbedaan gen yang mengatur warna aleuron, endospermia, dan komposisi pati pada endospermia. Beras putih agak transparan hanya memiliki sedikit aleuron dan mengandung amilosa sekitar 20%. Pada beras hitam, aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga warna beras menjadi ungu pekat mendekati hitam. Beras Ketan Hitam merupakan versi ketan dari beras hitam. Beras Ketan Hitam memiliki khasiat yang lebih baik dibanding beras merah atau beras warna lain.

Beras/ketan hitam belum menjadi bahan pangan pokok seperti halnya beras putih, meskipun beras berwarna ini mempunyai nilai gizi tinggi. Produk makanan dan minuman dari kacang hitam, wijen hitam, dan beras ketan hitam menjadi populer. Di Korea, beras/ketan hitam menjadi bagian penting dalam pemeliharaan kesehatan karena beras/ketan hitam mengandung/kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

— Dari hepatitis, kanker sampai penyakit jantung

Beras/ketan hitam berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, memperbaiki kerusakan sel hati (hepatitis dan chirosis), mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah kanker/tumor, memperlambat penuaan, sebagai antioksidan, membersihkan kolesterol dalam darah, dan mencegah anemia.

— Kandungan zat besi tinggi

Beras hitam mengandung sedikit protein, namun kandungan besinya tinggi yaitu 15,52 ppm, jauh lebih tinggi dibanding beras dari varietas IR64, Ciherang, Cisadane, Sintanur, Pandanwangi, dan Batang Gadis yang kandungan besinya berkisar antara 2,9-4,4 ppm. Zat besi dibutuhkan tubuh dalam pembentukan sel darah merah.

 

Bagimana beras menjadi Nasi ?

Untuk dapat kita makan, beras harus kita masak terlebih dahulu,

Bagaimana cara memeasaknya ?

PERNAH makan nasi? oh tentu, setiap hari kamu pasti makan nasi. Tapi tahukah kamu bagaimana ibu kamu memasak nasi? Bagaimana cara memasak beras menjadi nasi? Ada berapa banyak cara dan tahap memasak nasi?

Nasi Liwet, adalah proses memasak beras dengan cara direbus dengan air hingga air nya habis. Memasak nasi dengan cara ini cukup mudah, hanya meletakkan panci berisi beras yang diberi air (biasanya setinggi satu buku jari diatas beras), lalu diletakkan diatas api yang kecil.

Cara yang umum dilakukan adalah dengan cara dikukus. Beras di ”rebus” dulu seperti halnya mengkukus, namun hanya ”setengah matang”, setelah itu baru lah nasi ”aron”ini di masukkan ke panci kukus, yaitu panci yang memiliki alas berlubang-lubang yang di bawahnya terdapat air mendidih. Proses pengkukusan selesai tatkala nasi sudah menjadi empuk.

 

Kini cara yang paling mudah memasak beras adalah dengan menggunakan RICE COOKER. Kamu hanya tinggal memasukkan beras dan air sesuai takaran yang ada, lalu mencolokkannya ke listrik, dan menunggu hingga matang.

Ada yang lebih mudah lagi, yaitu dengan menggunakan “beras instan” (kini sudah tidak ada lagi di Indonesia), yaitu beras yang sudah dalam kemasan, hanya perlu di rebus, tidak perlu di cuci dulu, dan lain-lain.

Banyak juga variasi memasak beras yang dilakukan oleh orang desa. Misalnya memasak beras dalam selubung bambu, dalam batok kelapa, dibungkus daun pisang, yang kesemuanya dapat memberi aroma yang berbeda.

 

NASI = BERAS + AIR + PANAS

Pada artikel sebelumnya , kita banyak membahas tentang beras, Bagaimana beras menjadi nasi ? tentunya membutuhkan air dan panas untuk memasaknya. Disini kita akan membahas tentang air.

Air adalah zat atau materi atau unsur yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi,[1][2][3] tetapi tidak di planet lain.[4] Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi.[5] Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, dan lautan es. Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut. Air bersih penting bagi kehidupan manusia. Di banyak tempat di dunia terjadi kekurangan persediaan air. Selain di bumi, sejumlah besar air juga diperkirakan terdapat pada kutub utara dan selatan planet Mars, serta pada bulan-bulan Europa dan Enceladus. Air dapat berwujud padatan (es), cairan (air) dan gas (uap air). Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan bumi dalam ketiga wujudnya tersebut.[

Macam-macam Air

Air merupakan sumber kehidupan yang tidak dapat tergantikan oleh apa pun juga. Tanpa air manusia, hewan dan tanaman tidak akan dapat hidup. Air di bumi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu :

1. Air Tanah

Air tanah adalah air yang berada di bawar permukaan tanah. Air tanah dapat kita bagi lagi menjadi dua, yakni air tanah preatis dan air tanah artesis.

a. Air Tanah Preatis
Air tanah preatis adalah air tanah yang letaknya tidak jauh dari permukaan tanah serta berada di atas lapisan kedap air / impermeable.

b. Air Tanah Artesis
Air tanah artesis letaknya sangat jauh di dalam tanah serta berada di antara dua lapisan kedap air.

2. Air Permukaan

Air pemukaan adalah air yang berada di permukaan tanah dan dapat dengan mudah dilihat oleh mata kita. Contoh air permukaan seperti laut, sungai, danau, kali, rawa, empang, dan lain sebagainya. Air permukaan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :

a. Perairan Darat
Perairan darat adalah air permukaan yang berada di atas daratan misalnya seperti rawa-rawa, danau, sungai, dan lain sebagainya.

b. Perairan Laut
Perairan laut adalah air permukaan yang berada di lautan luas. Contohnya seperti air laut yang berada di laut.

Dalam kondisi tertentu, 5 jenis air berikut ini bisa menjadi nitrit dan zat
lain yang beracun dan merusak, dapat menyebabkan kerusakan tertentu
terhadap tubuh manusia

Air usang :
atau yang dikenal (air mati), artinya air yang sudah tersimpan lama dan
tidak di gunakan (minum). Jika sering mengonsumsi air demikian, dapat
menyebabkan metabolisme sel anak-anak yang belum dewasa melamban, akibatnya
mempengaruhi pertumbuhan tubuhnya, penuaan pada laki-laki setengah umur
akan bertambah cepat, rasio terjadinya penyakit kanker lambung dan kanker
kerongkongan di sejumlah besar daerah terus meningkat, ini mungkin
berhubungan dengan seringnya mengonsumsi air usang. Zat beracun dalam air
usang akan terus bertambah dan bertambah seiring dengan masa penyimpanan
air.

Air mendidih lama :
Air mendidih lama adalah air yang sudah mendidih sepanjang malam atau
sudah lama di kompor. Air demikian, karena dimasak terlalu lama, sehingga
zat yang tidak menghawa dalam air seperti kalsium, magnesium atau kandungan
logam berat lain dan nitrit sangat tinggi. Jika minum air seperti ini dalam
jangka panjang, dapat mengganggu fungsi lambung dan usus, terjadi diare
sementara, perut kembung, nitrit yang mengandung racun dapat mengakibatkan
organisme kekurangan oksigen, jika parah bisa pingsan dan kejang, bahkan
kematian.

Air panci kukus :
Yang dimaksud air panci kukus adalah air kukusan mantou atau air sisa
kukus, air panci kukus yang digunakan secara berulang-ulang, kepekatan
nitritnya sangat tinggi. Jika sering mengonsumsi air demikian, atau memasak
bubur dengan air demikian, dapat menyebabkan nitrit keracunan, kerak kerap
meresap ke tubuh mengikuti air, dapat menyebabkan perubahan patologis pada
sistem pencernaan, saraf, saluran kemih dan pembuatan darah, bahkan
mengakibatkan penuaan dini.

Air yang tidak dimasak :
Air ledeng yang kita konsumsi, semuanya melalui proses klorin. Dalam air
yang diproses klorin dapat memisahkan 13 jenis zat merugikan, di antaranya
hidrokarbon halogen, klorofom yang berefek menyebabkan kanker dan cacat.
Saat suhu air mencapai 90 °C, kadar hidrokarbon halogen yang semula 53
mg/kg-nya naik menjadi 177 mg, 2 kali lipat lebih tinggi dari standar
kesehatan air minum nasional yang ditetapkan. Ahli terkait menuturkan,
bahwa kemungkinan terjangkit penyakit kanker kandung kemih dan kanker poros
usus dengan mengonsumsi air yang belum dimasak meningkat 21-38 %. Ketika
suhu air mencapai 100 °C, kedua zat yang merusak ini akan berkurang drastis
seiring dengan penguapan, dan aman dikonsumsi jika di-didihkan lagi selama
3 menit.

Air yang dimasak kembali:
ada yang terbiasa minum air yang dimasak kembali dari air yang tersisa
dalam termos, tujuannya adalah menghemat air, menghemat batu bara (gas) dan
waktu. Tapi “penghematan” ini tidak layak. Sebab air yang sudah dimasak
kemudian direbus lagi, membuat air menguap lagi, sehingga dengan demikian
nitritnya akan meningkat, dan jika sering mengonsumsi air demikian akan
terjadi penumpukan nitrit di dalam tubuh. (Sumber Secret China)

 

Sudah ada beras dan air, kita membutuhkan panas untuk memasaknya menjadi nasi.

Panas

Panas, bahang, atau kalor adalah energi yang berpindah akibat perbedaan suhu. Satuan SI untuk panas adalah joule.

Panas bergerak dari daerah bersuhu tinggi ke daerah bersuhu rendah. Setiap benda memiliki energi dalam yang berhubungan dengan gerak acak dari atom-atom atau molekul penyusunnya.

Energi dalam ini berbanding lurus terhadap suhu benda. Ketika dua benda dengan suhu berbeda bergandengan, mereka akan bertukar energi internal sampai suhu kedua benda tersebut seimbang. Jumlah energi yang disalurkan adalah jumlah energi yang tertukar. Kesalahan umum untuk menyamakan panas dan energi internal. Perbedaanya adalah panas dihubungkan dengan pertukaran energi internal dan kerja yang dilakukan oleh sistem. Mengerti perbedaan ini dibutuhkan untuk mengerti hukum pertama termodinamika.

Radiasi inframerah sering dihubungkan dengan panas, karena objek dalam suhu ruangan atau di atasnya akan memancarkan radiasi kebanyakan terkonstentrasi dalam “band” inframerah-tengah. (lihat badan hitam).

Notasi

Ketika suatu benda melepas panas ke sekitarnya, Q < 0. Ketika benda menyerap panas dari sekitarnya, Q > 0.

Jumlah panas, kecepatan penyaluran panas, dan flux panas semua dinotasikan dengan perbedaan permutasi huruf Q. Mereka biasanya diganti dalam konteks yang berbeda.

Jumlah panas dinotasikan sebagai Q, dan diukur dalam joule dalam satuan SI.

 

di mana

adalah banyaknya kalor (jumlah panas) dalam joule

adalah massa benda dalam kg

adalah kalor jenis dalam joule/kg °C, dan

adalah besarnya perubahan suhu dalam °C.

Kecepatan penyaluran panas, atau penyaluran panas per unit, ditandai

 

untuk menandakan pergantian per satuan waktu. Dalam Unicode, adalah , meskipun ada kemungkinan tidak dapat ditampilkan secara benar di seluruh browser. Diukur dalam unit watt.

Flux panas didefinisikan sebagai jumlah panas per satuan waktu per luas area, dan dinotasikan q, dan diukur dalam watt per meter2. Juga biasanya dinotasikan sebagai Q″ atau q″ atau

 

Perubahan suhu

Jumlah energi panas, ΔQ, dibutuhkan untuk menggantu suhu suatu material dari suhu awal, T0, ke suhu akhir, Tf tergantung dari kapasitas panas bahan tersebut menurut hubungan:

 

Kapasitas panas tergantung dari jumlah material yang bertukar panas dan properti bahan tersebut. Kapasitas panas dapat dipecah menjadi beberapa cara berbeda. Pertama-tama, dia dapat dipresentasikan sebagai perkalian dari masa dan kapasitas panas spesifik (lebih umum disebut panas spesifik:

Cp = mcs

atau jumlah mol dan kapasitas panas molar:

Cp = ncn.

Molar dan kapasitas spesifik panas bergantung dari properti fisik dari zat yang dipanasi, tidak tergantung dari properti spesifik sampel. Definisi di atas tentang kapasitas panas hanya bekerja untuk benda padat dan cair, tetapi untuk gas mereka tak bekerja pada umumnya.

Kapasitas panas molar dapat “dimodifikasi” bila perubahan suhu terjadi pada volume tetap atau tekanan tetap. Bila tidak, menggunakan hukum pertama termodinamika dikombinasikan dengan persamaan yang menghubungkan energi internal gas tersebut terhadap suhunya.

 

Secara teori air akan mendidih/mencapai titik didih bila diberi suhu panas >= 80 ºC dan < 100 ºC, karena pada suhu 100 ºC air akan menjadi uap, maka pada simulasi pemasakan air sebagian air menjadi uap dan sebagian air yang masak. Berikut model pemasakan air:

Waktu dalam pemasakan air hingga suhu mencapai 80C dapat bervariasi, dimana tergantung dari volume wadah air tersebut. Penulis tidak akan menggunakan penggambaran model dengan pendekatan matematik, karena menurut penulis butuh sebuah implementasi pembuktian untuk dapat menentukan model perhitungan untuk waktu, derajat dan pengaruh volume wadah agar air masak. Namun secara logika deskriptif perhitungan air hingga titik didih berbanding lurus dan bisa didapatkan yaitu Td = V . t . ºC, dimana: Td = titik didih (dalam hal ini air)

V = Volume wadah
t = waktu
ºC = derajat dalam Celcius

 

 

 

 

 

 

Sumber :

 

http://id.wikipedia.org/

http://domba-bunting.blogspot.com/2009/07/manfaat-beras.html

http://bestbio4life.com/manfaat-beras-merah/

http://blank-hang.blogspot.com/2010/02/manfaat-kandungan-beras-ketan.html

http://b0cah.org/index.php?option=com_content&task=view&id=430&Itemid=45

http://organisasi.org/pengertian-dan-jenis-macam-air-permukaan-dan-air-tanah-preatis-artesis-darat-laut

http://syamsikusyanti.blogspot.com/2007/04/macam-macam-air-yang-membahayakan.html


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: