Menggali Lebih Dalam Tentang Hubungan di Sosial Network

22 11 2010

Sosial network adalah struktur sosial yang terdiri dari individu atau organisasi yang terikat atau saling ketergantungan, seperti pertemanan, kekerabatan, kepentingan bersama, pertukaran keuangan atau hubungan kepercayaan.

 

Ada banyak jenis hubungan didalam social network, Social network masuk ke dalam beberapa tingkatan. Mulai dari hubungan pertemanan, keluarga, alamamater, bisnis, bahkan hubungan antar kedua negara.

 

Dengan sosial network, seseorang dapat dengan mudah berkenalan dengan orang lain, bahkan menemukan relasi bisnis. Seseorang dapat menemukan teman lama dimanapun berada. Manfaat lainnya adalah sosial network dapat dijadikan tempat silaturahmi, tentunya hal ini banyak menggantikan peran transportasi.

 

Peran media sosialasi dan berekspresi juga diambil alih social network. Semua orang dapat mengekspresikan apapun tentang dirinya. Peran media sosialasi ini sudah banyak dicontohkan misalnya sebagai tempat untuk menggalang dana.

 

Akhir- akhir ini gerakan jutaan orang disebuah sosial media dapat menekan keputusan hukum. Seorang narapidana dibebaskan hanya karena mendapat dukungan dari jutaan orang yang bergabung menjadi group disebuah social media.

 

Selain manfaat tentunya social networking mempunyai sisi gelap, Kebutuhan dasar manusia sebagai manusia sosial ditankap dengan apik oleh para penggagas situs social networking, seperti friendster, multiply dan banyak yang lainnya. Kehadiran teknologi ini pada awalnya mengusung niat baik “menyatukan semua manusia dalam satu wadah”. Akan tetapi kemudian terjadi penyimpangan-penyimpangan pada perkembangannya.

Penyimpangan itu dapat terjadi karena sisi pemilik (orang yang mempunyai account di situs social networking) yang tidak paham (literate) terhadap teknologi social networking atau si pengguna usil yang dengan pemahamannya tentang teknologi social networking memperdaya orang lain yang kurang paham terhadap teknologi tersebut.

Contoh riil dari kurang pahamnya pengguna teknologi social networking adalah apa yang diberitakan di detikinet.com tentang seorang pemuda yang dipenjara selama 110 tahun gara-gara memaksa gadis-gadis untuk mengirimkan foto bugil mereka. si pelaku menggunakan “informasi pribadi” si gadis yang tertera dengan jelas di situs social networking mereka (friendster, multiply, etc) untuk menjerat si gadis yang akan jadi korban.

Tren Social Networking dan Manfaatnya

 

Social networking tidak hanya digunakan untuk interaksi biasa, melainkan juga dimanfaatkan oleh organisasi-organisasi untuk mendukung strateginya baik dalam hal pemasaran, SDM, mengembangkan produk, dan lainnya. Bagaimana implementasi dan manfaatnya? Berikut ini adalah ulasannya.

Setiap tahunnya, Ernst & Young merekrut lulusan universitas melalui sebuah grup yang beredar di Facebook, dimana disana tidak hanya ada terdapat informasi lowongan kerja, melainkan juga ada employer yang menjawab masing-masing pertanyaan.

Beda lagi di Hewlett Packard, dimana sekitar 50 orang eksekutif tiap pagi login ke blog mereka masing-masing untuk membicarakan mengenai lini produk mereka secara online, serta merespon langsung terhadap masalah yang dialami pelanggan. Kemudian Del Monte Pet Foods juga memanfaatkan komunitas online untuk ‘chatting’ dengan 400 pencinta binatang, yang opininya sangat membantu dalam mengembangkan produk baru.

Praktik sejenis juga dilakukan oleh Mini USA, cabang bagi lini produk BMW Mini Cooper, yang melacak segala hal yang diungkapkan mengenai merek mereka secara online, baik dalam group discussion, blog, forum, hingga MySpace dan lainnya. Selanjutnya, informasi ini dimanfaatkan sebagai panduan aktivitas promosi mereka.

Lalu bagaimana perusahaan bisa memanfaatkan collaboration tools ini dengan baik?
Tentunya perusahaan harus mempelajari mengenai bagaimana interaksi yang terjadi secara online. Namun, menurut Charlene Li, analis dari Forrester Research, masih terlalu sedikit perusahaan yang mempelajari bagaimana orang berinteraksi melalui web serta menggunakan online collaborative tools ini.

Untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan strategi internet mereka, Forrester Research melakukan riset ‘social technology ladder’ yang mengklasifikasikan konsumen berdasarkan partisipasi mereka dalam berbagai macam jenis social networking. Pada tingkatan paling bawah adalah ‘inactives’ yakni mereka yang tidak aktif dalam aktivitas social networking, terdiri dari 44% orang Amerika dewasa yang online pada 2007. Kemudian diatasnya adalah ‘joiners,” yakni 25% yang mengunjungi situs-situs social networking seperti MySpace. Selanjutnya 16% lainnya adalah adalah mereka yang mengumpulkan informasi (collector), ada lagi critics (kritikus) yang membuat rating hingga review juga aktif di blog maupun forum. Sekitar 18% membuat content web, baik itu memuat artikel ataupun blog setidaknya sebulan sekali, punya situs web ataupun meng-upload content di Youtube.

Melalui pemahaman yang baik mengenai bagaimana aktivitas interaksi online konsumen, maka perusahaan bisa mengembangkan strategi dengan tepat. Selanjutnya perusahaan bisa menentukan tujuan apa yang ingin dicapai, merencanakan bagaimana rencana perubahan hubungan dengan pelanggan serta menentukan teknologi apa yang ingin dimanfaatkan.

Menurut Joe Kraus, salah seorang director Google, ada tiga tren utama dalam hal bagaimana orang memanfaatkan internet. Pertama, proses menemukan informasi kini berubah dari aktivitas yang dilakukan sendiri menjadi aktivitas bersama. Misalnya Anda ingin menemukan informasi tertentu, Anda bisa memperoleh jawaban dengan cara posting di forum ataupun mengirimkan instant message kepada teman-teman Anda melalui Yahoo Messenger ataupun MSN. Dengan cara tersebut, hasil temuan informasi akan lebih baik dibandingkan jika Anda sendiri.

Kedua, cara kita dalam bertukar informasi juga berubah, dari aktif membagi informasi, misalnya dengan mengirim email foto kepada teman, menjadi secara pasif, misalnya meng-upload foto di Facebook dan mengirim notifikasi email kepada teman Anda. Dan ketiga, Kraus juga memandang bahwa web pada akhirnya akan menjadi social secara keseluruhan, yang menurutnya tidak akan terjadi kecuali user bisa melakukan tiga hal, yakni: punya identitas tunggal untuk login ke banyak situs, membagi data private seperti foto ataupun daftar kontak tanpa menyerahkan informasi rahasia, hingga mendistribusikan informasi melalui banyak aplikasi social.

Dengan memanfaatkan social networking, maka Anda akan bisa memperbarui cara interaksi dengan pelanggan, dan juga mendukung strategi dan tujuan organisasi Anda.

 

Belakangan ini popularitas situs jaringan sosial seperti facebook dan twitter berkembang semakin pesat. Dapat dikatakan bahwa situs-situs pertemanan seperti itu telah menjadi gaya hidup atau bahkan kebutuhan sehari-hari bagi kebanyakan orang, terutama sekali bagi kaum muda.

Memperbaharui status dan bebagai kegiatan lainnya di facebook atau twitter merupakan makanan sehari-hari yang tidak bisa ditinggalkan. Hal ini ternyata telah membawa dampak buruk bagi sementara orang. Para karyawan di kantor, misalnya, produktivitas kerja mereka jadi menurun, karena keasyikan membuka akun pertemanan mereka. Bahkan tak jarang kegiatan tersebut juga bisa merusak keharmonisan di dalam rumah tangga, karena terjadinya kasus perselingkuhan melalui dunia maya itu. Bahkan, pernah dikabarkan ada gadis di bawah umur yang dilarikan oleh teman facebooknya.

Namun demikian, situs pertemanan atau jaringan sosial tidak selalu berdampak negative. Sebetulnya banyak segi positif yang bisa dilakukan melalui situs seperti itu. Kita bisa membuat kelompok atau komunitas tertentu yang memiliki kesamaan minat. Di facebook kita mengenal ada kelompok yang berorientasi pada pendidikan, bisnis online, pemberian motivasi, atau bahkan gerakan sosial tertentu.

 

Masalahnya sekarang, hubungan seperti apa sih yang terbentuk dari sosial network tersebut?

Hubungan pertemanan, persaudaraan, atau lebih dari itu ? Sungguh kompleks sekali untuk memetakan hubungan yang terjadi dalam social networking.

 

 

Source :

 

http://www.managementfile.com/journal.php?id=133&sub=journal&page=str_mgt&awal=50

http://www.daceband.com/read_blog/1110/manfaat-social-network




Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: